Kelas 11 Tahun 2022
A. Jawablah soal-soal berikut dengan
memilih huruf A, B, C, D, atau E pada lembar jawaban yang telah disediakan
1.
Proses masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia
menghasilkan kesenian bernafas Islam yang digunakan sebagai media penyebaran
Islam. Kesenian yang bernafaskan Islam tersebut antara lain adalah ... .
A. tari
Saman dan Seudati dari Aceh
B. tari
Jaipong dan Angklung dari Jawa Barat
C. Jaran
Kepang dan tari Remo dari Jawa Timur
D. tari
Pendet dan tari Barong dari Bali
E.
Sendratari dan Ketoprak dari Jawa Tengah
2.
Pada
zaman Hindu-Budha seni pahat dan seni patung berkembang pesat. Namun, ketika
masuk dan berkembanya Islam di Indonesia, seni patung dan seni pahat tidak
berkembang, hal ini disebabkan ...
A. patung dapat dijadikan obyek
pemujaan
B. patung dan relief tidak diminati
seniman Islam
C. ajaran Islam melarang pembuatan
patung
D. konsumen seni patung mengalami
kemunduran
E.
sulit
mendapatkan bahan baku patung
3.
“Kini telah
jelas bahwa pergerakan nasional di
Indonesia bukanlah bikinan kaum intelektual dan kaum komunis saja, merupakan reaksi umum
dan wajar yang dalam batinnya telah merdeka. Revolusi industri adalah jamannya sekarang,
bukan revolusinya kelompok kecil kaum intelektual, tetapi revolusinya rakyat
dunia yang terbelakang dan diperbodoh”. Teks tersebut adalah sebagian isi pidato pembelaan Soekarno pada sidang
peradilan di Bandung yang diberi judul. ...
A. Indonesia Raya
B. Jayalah Indonesiaku
C. Indonesia menuntut
D. Indonesia Merdeka
E. Indonesia Menggugat
4.
Masuknya
budaya Islam ke Indonesia menimbulkan akulturasi budaya atau percampuran budaya
yang masing-masing
unsur asli dari kedua kebudayaan tersebut tidak hilang. Berikut pernyataan yang
tepat tentang akulturasi budaya Islam dan budaya Indonesia adalah…
A. hasil- hasil kebudayaan
Hindu-Budha direnovasi, disesuaikan dengan ajaran Islam
B.
kebudayaan
Hindu Budha digabungkan dengan kebudayaan Islam, sehingga mencerminkan
kebudayaan bangsa Indonesia
C.
akulturasi
kebudayaan Islam dan kebudayaan Indonesia mengubah pola hidup serta kebudayaan
yang telah ada di Indonesia sebelumnya
D. seluruh kebudayaan Islam selalu
diserap oleh masyarakat Indonesia
E.
adanya
penyerapan kebudayaan dan percampuran antara kebudayaan Islam dan Budaya
Indonesia, sehingga menghasilkan budaya baru
5.
Sepeninggal Sultan Agung kerajaan Mataram mengalami kemunduran. Para
penggantinya tidak ada yang sehebat Sultan Agung.
Akhirnya kolonial Belanda berhasil melakukan intervensi suksesi kepemimpinan
kerajaan Mataram. Berdasarkan perjanjian Giyanti 1755 kerajaan Mataram pecah
menjadi dua yaitu ... .
A. Kesultanan
Mataram dan Paku Alaman
B. Kesultanan
Mataram dan Kasunanan Surakarta
C. Kasunanan
Surakarta dan Mangkunegaran
D. Kesultanan
Mataram dan Mangkunegaran
E. Paku Alaman dan
Mangkunegaran
6.
Pada
tahun 1671 M, Sultan Ageng Tirtayasa mengangkat putranya dengan gelar Sultan
Abdul Kahar. Pada tahun 1674 M, Sultan Abdul Kahar berangkat ke Mekah dan
kembali lagi ke Banten 1676 M dengan sebutan Sultan Haji. Ketika Sultan Haji
memerintah Banten, beliau menjalin hubungan baik dengan Belanda, tetapi
hubungan tersebut dijadikan kesempatan oleh Belanda untuk memasuki Banten. Hal
inilah yang menjadi awal kemelut politik di Banten dan berakhir dengan
kemunduran Kerajaan Banten. Adapun yang dimaksud dengan kemelut politik tersebut
adalah…
A. konflik di istana antara sultan
dengan putra mahkota (Sultan Haji) yang dibantu VOC
B.
Sultan
Ageng Tirtayasa dan Sultan Haji mengalami kekalahan dalam melawan VOC
C.
Sultan
Ageng Tirtayasa dan VOC bekerja sama dalam mengusir Sultan Haji dari istana
D. daerah-daerah kekuasaan yang
didukung VOC berhasil memisahkan diri dari Banten
E.
pedagang-pedagang
VOC dan Portugas berhasil menguasai istana kerajaan Banten
7.
Islam menjadi faktor pemersatu terpenting di antara berbagai
suku bangsa dan mengatasi perbedaan di berbagai suku bangsa di Indonesia.
Faktor pemersatu yang kedua adalah bahasa Melayu yang diadopsi oleh para penyebar
Islam, ulama dan pedagang. Kedudukan bahasa Melayu menjadi lingua franca
(bahasa pengatar) Islam di nusantara bertambah kuat ketika ....
A. Al
Qur’an diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu
B. bahasa
Melayu memudahkan memahami Al Qur’an
C. bahasa
Arab didampingi oleh bahasa Melayu
D. bahasa
Melayu ditulis dengan aksara Arab
E. menggunakan
bahasa Melayu dan bahasa Arab
8.
Perkembangan seni rupa pada zaman Islam menunjukkan
adanya proses akulturasi (perpaduan) dengan seni rupa dengan zaman pra-Islam.
Hal ini tampak pada ...
A. teknik
pewarnaan yang didominasi warna hijau
B. ukiran
huruf Arab pada bangunan masjid
C. pematungan
beberapa hewan dan tumbuhan
D. lukisan
para wali dan tokoh-tokoh Islam
E. pembuatan
kaligrafi yang mirif makluk hidup
9.
Perhatikan
data
dari tabel
berikut ini!
|
X |
Y |
|
1. menarik pajak berupa hasil bumi (contingenten) |
1. mengadakan perjanjian dengan raja-raja setempat |
|
2. menghindari persaingan antar sesama pengusaha Belanda |
2. menebangi pohon rempah-rempah untuk menstabilkan
harga rempah-rempah |
|
3.
adanya
persaingan dengan bangsa lain yaitu Perancis dan Inggris |
3. membantu pemerintah Belanda yang sedang berperang
menghadapi Spanyol |
|
4. mencetak dan mengedarkan mata uang sendiri |
4. menyatakan perang dan mengadakan perdamaian |
Dari
data di atas, yang merupakan tujuan dibentuknya VOC terdapat pada kombinasi….
A. X1 dan Y2
B.
X2
dan Y3
C.
X1
dan Y3
D. X2 dan Y1
E.
X4
dan Y4
10. Perhatikan keterangan berikut ini !
(1) karya
sastra berisi cerita atau dongeng
(2) banyak
ditulis berbagai cerita yang menarik, keajaiban, dan tidak masuk akal
(3) ditulis
dalam bentuk gancaran (karangan bebas atau prosa)
Berdasarkan
keterangan tersebut jenis sastra pengaruh Islam yang dimaksud adalah..
A. Hikayat
B. Syair
C. Mitos
D. Babat
E. Suluk
11.
Paham
liberalisme merupakan paham yang menghendaki adanya kebebasan individu, sebagai
titik tolak dan sekaligus tolok ukur dalam interaksi sosial. Dalam konteks
paham ini, memandang masalah agama sebagai ...
A. masalah negara yang harus
diselesaikan bersama
B. suatu keharusan yang wajib
dimiliki oleh setiap warga negara
C. permasalahan komplek antara
pemerintah dan warga negara
D. kewajiban setiap warga negara
untuk mempertahankannya
E.
merupakan
masalah pribadi yang merupakan hak setiap individu
12. Peran
bahasa Melayu sangat penting terhadap proses integrasi karena nusantara
yang terdiri atas gugusan pulau-pulau dan banyak suku bangsa, sehingga
dalam melakukan aktifitasnya mereka harus berhubungan dengan suku lain. Dalam
hal ini perkembangan bahasa Melayu adalah ....
A. digunakan
oleh golongan masyarakat tertentu
B. menjadi
pengantar dalam aktifitas politik
C. berkembang
di tempat-tempat tertentu
D. digunakan
para pedagang sebagai bahasa pengantar
E. digunakan
oleh golongan bangsawan
13. Imperialisme kuno yang dimotori oleh Portugis dan Spanyol berlangsung sebelum terjadinya
industrialisasi di negara-negara Eropa barat. Imperialisme yang muncul sebagai
akibat dari terputusnya hubungan dagang antara Eropa dan Timur Tengah ini
didasarkan pada semboyan gold, glory dan gospel yaitu ... .
A. mencari kekayaan, kejayaan dan penyebaran agama
B. berani datang, melakukan perang dan mencari kemenangan
C. mencari bahan mentah, menanam investasi dan
daerah pemasaran
D. melaksanakan monopoli, melakukan perjanjian dan
menaklukkan
E. penguasaan di bidang ekonomi, politik, dan
kepercayaan (religi)
14.
Sisi
negatif pemerintahan Daendels adalah membiarkan terus praktek perbudakan serta
hubungan dengan raja-raja di Jawa yang buruk, sehingga menimbulkan perlawanan.
Akibatnya pada tahun 1811 Daendels ditarik ke Eropa. Meskipun begitu, salah
satu hasil kebijakan Daendels yang kemudian bermanfaat bagi Indonesia sampai
sekarang adalah….
A. dibangunnya jalan raya Anyer -
Panarukan
B.
pembangunan
Benteng di kalijati Bandung
C.
dibangunnya
kantor-kantor pengadilan di Indonesia
D. membagi pulau Jawa menjadi
beberapa wilayah
E.
banyak
karya sastra berkembang di Indonesia
15.
Sir
Thomas Stamford
Raffles menguasai pulau Jawa pada tahun 1811 atas
perintah pimpinan
Inggris di India, Lord
Muito. Semula Raffles berkedudukan di Penang (Malaya) kemudian
menguasai pulau Jawa berdasarkan kapitulasi Tuntang. Ia seorang liberal dan humanis serta
tertarik mengembangkan ilmu pengetahuan. Banyak jasa di bidang ilmu pengetahuan
yang diberikan seorang berpangkat Letnan Gubernur tersebut antara lain ...
A. memboyong prasasti Airlangga berangka
tahun 1042 ke museum Calcutta di India
B.
menemukan bunga
Bangkai raksasa yang dikenal dengan bunga Rafflesia Arnoldi
C.
mengarang buku
berjudul “Max
Havelaar”
yang melukiskan
penderitaan rakyat
D. menyusun sejarah Jawa berjudul
“Histori of Jawa“ yang terbit tahun 1817
E.
membuat artikel kritikan kepada pemerintah kolonial “als ik eens Nederlander was”
16.
Untuk menyelamatkan
pemerintah Belanda dari kebangkrutan, maka Van den Bosch mengusulkan suatu kebijakan yang disebut culuurstelsel, rakyat Indonesia
menyebutnya sebagai sistem tanam paksa. Perhatikan beberapa pokok aturan tanam
paksa dan pelaksanaannya di bawah ini:
|
Aturan-aturan Sistem Tanam Paksa |
Pelaksanaan
Tanam Paksa |
|
1. rakyat
diwajibkan menyediakan 1/5 tanahnya untuk ditanami tanaman wajib |
1. tanah
yang digunakan untuk tanaman wajib lebih dari 1/5 |
|
2. lahan
yang disediakan untuk tanaman wajib dibebaskan dari pajak tanah |
2. lahan
yang disediakan untuk tanaman wajib tetap dikenai pajak tanah |
|
3. kegagalan
panen tanaman wajib menjadi tanggung jawab pemerintah |
3. kegagalan
panen tanaman wajib menjadi tanggung jawab rakyat/petani |
|
4. kelebihan
hasil panen tanaman wajib akan dikembalikan kepada rakyat/petani |
4. kelebihan
hasil panen tanaman wajib diambil oleh pemerintah Belanda |
Dari table di atas, dapat disimpulkan bahwa….
A. pelaksanaan
sistem tanam paksa bertolak belakang dengan aturan-aturannya
B.
aturan-aturan sistem tanam paksa sangat
memberatkan rakyat
C.
pelaksanaan sistem tanam paksa meringankan rakyat
D. aturan
dan pelaksanaan sistem tanam paksa sangat sesuai
E.
pelaksanaan sistem tanam paksa meningkatkan
kesejahteraan rakyat
17.
Politik ekonomi eksploitasi yang diterapkan melalui tanam
paksa menimbulkan berbagai reaksi antara lain dari golongan pengusaha swasta Belanda.
Mereka memprotes melalui sidang di parlemen Belanda, dan menghendaki adanya kebebasan
berusaha di Indonesia.. Dengan
kemenangan golongan liberal di parlemen Belanda sehingga
wilayah Hindia Belanda diberlakukan
sistem ekonomi liberal. Kebijakan
yang dikenal Politik
Pintu Terbuka (open door policy) ini memberi kesempatan kepada
pihak penguasa swasta asing untuk…
A. mengeksploitasi sumber daya alam Indonesia
B. membentuk pemerintahan baru
di Indonesia
C. mendirikan bank-bank di Indonesia
D. menanamkan modalnya di Indonesia
E. melakukan kerja sama dengan raja
setempat
18.
Perubahan politik ekonomi dari tanam paksa ke politik pintu terbuka (Opendeur
Politiek) tidak berpengaruh terhadap perubahan nasib bagi rakyat
Indonesia. Pada saat itu rakyat Indonesia hanya sebagai sapi perah untuk
kepentingan bangsa asing yaitu ...
A. menanam tanaman eksport sendiri
B. hanya sebagai kuli perkebunan
C. tidak bisa menjual hasil tanaman
D. berpatner dengan penguasa asing
E.
tidak
mampu bersaing dengan asing
19.
Pada masa
liberal di daerah-daerah pegunungan di Jawa banyak dibuka
perkebunan-perkebunan dan dibangun
pabrik-pabrik
pengolahan hasil perkebunan. Hal ini menarik perhatian bagi masyarakat pribumi
yang membutuhkan pekerjaan. Banyak orang
pribumi meninggalkan lahan pertaniannya dan mengadu nasib di daerah
perkebunan. Perpindahan penduduk ke sentra-sentra perkebunan tersebut ternyata
tidak membawa perubahan nasib yang lebih baik, hal ini disebabkan...
A. tidak memiliki keterampilan tentang
pekerjaan pekerbunan
B.
mereka tidak
fokus bekerja di sentra-sentra perkebunan
C.
banyak yang
terjerat menjadi kuli kontrak dan buruh upahan
D. bangsa pribumi tetap menjadi warga
negara kelas terbawah
E.
banyak
manajemen perusahaan yang tidak konsisten
20.
VOC berkuasa dan melaksanakan monopoli perdagangan di
Indonesia selama dua abad yaitu dari tahun 1602 hingga tanggal 31 Desember
1799. Dengan hak oktroinya, VOC menjadi kongsi dagang yang
sangat kuat dan mampu bersaing dengan pedagang-pedagang asing lainnya maupun
pedagang nusantara. Kehebatan VOC ini ternyata pada akhir abad 18 menjadi
pudar. VOC mengalami kerugian besar yaitu dengan
hutang 136,7 juta gulden. Banyak faktor yang menyebabkan VOC mengalami kemunduran
yang pada akhirnya dibubarkan. Faktor politis yang sekaligus faktor utama
kongsi dagang Belanda tersebut dibubarkan yaitu ....
A. banyak beaya peperangan contoh perang melawan
Hasanuddin dari Gowa
B.
besarnya
gaji yang harus dibayarkan kepada pegawai
yang banyak
C.
pembayaran
Devident (keuntungan) bagi pemegang saham
D. perubahan pemerintahan
di Belanda yang
demokratis dan liberalis
E. banyaknya
pegawai-pegawai yang tidak berkualitas (korupsi)
21.
Pada
masa penjajahan
Belanda, Pemerintah Kolonial memberlakukan stratifikasi dalam masyarakat bahkan
menuangkannya dalam perundangan-undangan Belanda (Indische Staatsregelling)
pada tahun 1927. Urutan stratifikasi sosial masa Belanda berdasarkan Indische
Staatsregelling dari yang tertinggi hingga terendah yaitu…
A. Eropa, Timur Asing, Bumiputra
B.
Timur
Asing, Eropa, Bumiputra
C.
Bumiputra,
Eropa, Timur Asing
D. Eropa, Bumiptra, Timur Asing
E.
Timur
Asing, Bumiputra, Eropa
22.
Pelaksanan
politik etis ternyata lebih berorientasi untuk kepentingan kaum
imperialis dibandingkan dengan kepentingan rakyat jajahan. Pada saat
itu kehidupan rakyat Indonesia tetap dalam kondisi melarat dan menderita, serta
menjadi sapi perah bagi kepentingan kaum kapitalis. Banyak orang Jawa yang
dipindahkan ke Lampung, ke Deli Sumatra Barat, sebagai realisasi dari program
imigrasi, ternyata mereka dijadikan sebagai kuli kontrak yang diperkerjakan di
daerah-daerah perkebunan. Demikian pula pelaksanaan di bidang irigasi tidak
membawa perubahan yang lebih baik bagi kaum pribumi, hal ini disebabkan ...
A. pemerintah Hindia Belanda tidak
membangun saluran irigasi
B.
pemerintah
Hindia Belanda tidak melaksanakan politik etis
C.
saluran irigasi hanya untuk sebagian besar sawah rakyat
D. saluran irigasi untuk kepentingan
pengairan di perkebunan
E.
tidak
mempunyai dana untuk membangun saluran irigasi
23.
Kebijakan Politik Etis pemerintah
kolonial Belanda memungkinkan sebagian bangsa Indonesia mendapatkan pendidikan
dan tumbuhlah golongan terpelajar yang kemudian mengubah taktik perjuangan
memperoleh kemerdekaan, yaitu . . . .
A. dengan
membentuk organisasi bersifat modern
B. memasukan
Indonesia sebagai anggota PBB
C. membentuk
angkatan perang bersenjata lengkap
D. bergabung
dengan blok ideologi tertentu yang ada di dunia
E.
membentuk persekutuan militer dengan negara
lain
24.
Penerapan politik etis dalam bidang pendidikan juga dilakukan dengan cara memberikan kesempatan pendidikan
bagi penduduk bumi putera. Walaupun demikian tujuan pemerintah kolonial Belanda
dalam memberikan ksempatan pendidikan bagi kaum pribumi adalah untuk ....
A. memajukan
kehidupan rakyat Indonesia
B. meningkatkan
kesejahteraan penduduk
C. menyediakan
tenaga administrasi rendahan
D. menyebarkan
semangat Europeanisasi
E. membentuk
tenaga-tenaga ahli dan profesional
25.
Lahirnya pergerakan nasional
Indonesia dipengaruhi oleh peristiwa di Indonesia dan peristiwa di luar
Indonesia. Peristiwa di dalam negeri disebut factor intern sedang peristiwa di
luar Indonesia disebut factor ekstern. Faktor intern yang membantu bertambah suburnya paham kebangsaan Indonesia,
adalah ....
A. munculnya golongan cendikiawan
B. berkembangnya
liberalisme pemerintah Belanda
C. lahirnya pergerakan nasional India
D. kemenangan Jepang dalam perang dengan Rusia 1905
E. makin membaiknya taraf hidup rakyat pribumi.
26.
Perhatikan
data tentang
penyebab bangkitnya nasionalisme berikut ini!
(1) Kenangan kejayaan pada masa lalu
(2) Penderitaan akibat penjajahan
bangsa barat
(3) Kemenangan Jepang atas Rusia
tahun 1905
(4) Berkembangnya faham-faham baru
(5) Lahirnya golongan terpelajar
(6) Bangkitnya nasionalisme
bangsa-bangsa Asia dan Afrika
Dari data di atas, yang termasuk
faktor intern penyebab munculnya nasionalisme di Indonesia adalah….
A. (1) , (2) , dan (3)
B.
(1)
, (2) , dan (5)
C.
(2)
, (4) , dan 6)
D. (3) , (4) , dan (5)
E.
(4)
, (5) , dan 6)
27.
Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini,
(1)
bersifat lokal kedaerahan
(2)
dipimpin oleh tokoh-tokoh kharismatik
(3)
mempunyai kesadaran untuk bersatu
(4)
menggunakan organisasi yang teratur
(5)
dipelopori oleh kaum terpelajar
Dari pernyataan tersebut di atas yang
merupakan ciri-ciri perjuangan bangsa Indonesia dalam menentang penjajahan sesudah
1908, adalah .....
A. (1),
(2), (3)
B. (1),
(3), (4)
C. (1),
(2), (4)
D. (2),
(3), (4)
E. (3),
(4), (5)
28.
Memasuki
abad XX
bangsa Indonesia memasuki periode baru, yaitu periode pergerakan nasional.
Salah satu ciri pergerakan nasional yang berkembang pada masa ini adalah….
A. organisasi masih bersifat
tradisional dan kedaerahan
B. para penggerak pergerakan berasal
dari golongan priyayi
C. perjuangan dilakukan dengan
mengandalkan kekuatan fisik
D. perjuangan dilakukan dengan cara
berdiplomasi ke negara lain
E.
pemimpin
dan penggerak organisasi berasal dari golongan terpelajar
29.
Dr.
Wahidin Sudirohusodo, seorang bangsawan Jawa merasa prihatin terhadap
kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan
bangsanya. Ia bercita-cita mendirikan studi fund untuk membiayai pendidikan para pemuda yang memiliki
kecerdasan yang tidak didukung beaya yang memadai. Pada tahun 1906 dan 1907 Wahidin
melakukan perjalanan
keliling pulau Jawa untuk menghimpun dana pendidikan. Usahanya mendapatkan simpati dari
banyak kalangan utamanya para siswa STOVIA Jakarta, sehingga tanggal 20 Mei 1908 didirikan suatu perkumpulan yang dinamakan
Budi Utomo. Lahirnya organisasi pergerakan nasional yang pertama tersebut oleh
pemerintah Republik Indonesia ditetapkan sebagai hari…
A. Pergerakan
Nasional
B. Kebangkitan
Nasional
C. Pendidikan
Nasional
D. Perjuangan
Nasional
E.
Pemuda Nasional
30.
Budi
Utomo merupakan organisasi pertama pada masa pergerakan nasional. Organisasi
ini berperan
penting dalam membangkitkan nasionalisme bangsa Indonesia.
Salah satu cara menghormati peran Budi Utomo pada masa kini adalah….
A. menghafal nama-nama pengurus Budi
Utomo
B. menetapkan seluruh pengurus Budi
Utomo sebagai pahlawan nasional Indonesia
C. menetapkan tanggal berdirinya
Budi Utomo sebagai hari kebangkitan nasional Indonesia
D. memberikan apresiasi kepada
priyayi Jawa yang telah berjasa mendirikan Budi Utomo
E. menetapkan bekas kampus STOVIA
sebagai pusat munculnya ide kebangkitan nasional Indonesia
31.
SDI
merupakan organisasi ekonomi yang berdasarkan pada agama Islam dan perekonomian
rakyat sebagai dasar penggeraknya. Di bawah pimpinan H. Samanhudi,
perkumpulan ini berkembang pesat hingga menjadi perkumpulan yang berpengaruh. Organisasi yang
didirikan oleh H Samanhudi tersebut
dilatarbelakangi …
A. pemerintah Belanda melarang
pribumi untuk import bahan baku batik
B. pedagang China memonopoli dan
mempermainkan harga bahan baku batik
C. larangan untuk mengadakan
aktifitas perdagangan bagi bangsa pribumi
D. melanjutkan cita-cita perjuangan
yang dilakukan oleh Indische Partij
E.
untuk
mempererat tali persaudaraan sesama pedagang batik
32.
Memasuki abad
ke-20 perjuangan bangsa Indonesia mengalami perubahan dengan munculnya berbagai
organisasi pergerakan nasional. Setiap organisasi
pergerakan menempuh strategi perjuangan masing-masing. Perhatikan data-data
mengenai organisasi-organisasi pergerakan nasional berikut:
|
No |
Nama Organisasi |
Tahun |
Pemimpin |
|
1 |
Sarekat Islam |
1912 |
HOS Tjokroaminoto |
|
2 |
Indische Partij |
1912 |
3 Serangkai |
|
3 |
PNI |
1927 |
Ir. Soekarno |
|
4 |
Parindra |
1935 |
Soetomo |
|
5 |
Partindo |
1931 |
Sartono |
Dari data di atas, organisasi pergerakan
nasional yang bersifat radikal terhadap kekuasaan Belanda di Indonesia adalah….
B.
(1) , (3)
dan (5)
C.
(2) , (3)
dan (5)
D. (3)
, (4) dan (5)
E.
(1) , (4)
dan (5)
33. Kaum wanita memiliki andil besar dalam dunia pergerakan nasional.
Tokoh wanita seperti Kartini, Dewi Sartika, Maria Walanda Maramis memiliki peran yang menonjol
dalam…
A. mengangkat derajat wanita melalui
pendidikan
B.
menghapus
poligami dilingkungan keraton
C.
mengenalkan
budaya barat dimasyarakat
D. menghapus kawin paksa dan kawin adat
E.
memotivasi
sikap kritis wanita terhadap dominasi pria
34.
Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini,
(1)
diikrarkannya Sumpah Pemuda
(2)
dinyanyikannya Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
(3)
dikibarkannya bendera kebangsaan Sang Merah Putih
(4)
dibacakannya tuntutan Indonesia Merdeka
(5)
dibentuknya fusi baru organisasi pemuda yang bernama Pemuda Indonesia
Dari pernyataan-pernyataan di atas, hal-hal penting yang
merupakan tonggak-tonggak sejarah baru pada pelaksanaan Kongres Pemuda
Indonesia II yang diselenggarakan pada tanggal 27 – 28 Oktober 1928, adalah ...
A. (1),
(2), (3)
B. (1),
(3), (4)
C. (1),
(2), (4)
D. (2),
(3), (4)
E. (3),
(4), (5)
35. Sumpah
Pemuda merupakan hasil konngres
pemuda II pada tahun 1928. Sumpah Pemuda memiliki makna yang luar biasa bagi
bangsa Indonesia. Adapun makna Sumpah Pemuda bagi pemuda
pada saat ini adalah ... .
A. merupakan
pendobrak lahirnya rasa persatuan dan kesatuan bangsa
B. sumpah
pemuda merupakan sejarah awal lahirnya persatuan bangsa
C. merupakan
tonggak sejarah yang malahirkan semangat nasionalisme
D. berloma-lomba
untuk meningkatkan kesadaran berbuat yang lebih baik
E. menumbuhkan
rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa Indonesia
36.
Perhatikan
tabel berikut!
|
Organisasi |
Periode |
|
Budi
Utomo |
1908-1935 |
|
Sarekat
Islam |
1912-1923 |
|
Indische
Partij |
1912-1913 |
|
Perhimpunan
Indonesia |
1925-1927 |
|
Partai
Nasional Indonesia |
1927-1931 |
Berdasarkan
data di atas, kesimpulan yang bisa diambil tentang organisasi Budi Utomo
adalah….
A. organisasi politik pertama di
Indonesia
B. organisasi dengan tujuan
sosial dan budaya
C. fusi organisasi politik di
Indonesia
D. organisasi yang berusia paling
lama
E. organisasi yang didirikan oleh kaum
pelajar
37.
Perguruan Taman
Siswa didirikan Ki Hajar Dewantara di Yogyakarta pada 3 Juli 1922. Perguruan ini menggunakan azas yang menerapkan pendidikan sistem among yaitu Ing
ngarso sung tuladha, Ing madyo mangun karso, Tut wuri handayani. Berdasarkan konsep tersebut, seorang
pemimpin dikatakan ing ngarso sung
tuladhaapabila...
A. berada di belakang diharapkan dapat
memberikan contoh baik
B.
mencari ”kebahagiaan diri, bangsa, dan kemanusiaan.”
C.
berada di
tengah diharapkan dapat membangkitkan pikiran
D. berada di belakang, memberi kesempatan
untuk berjalan sendiri.
E.
berada di
depan diharapkan dapat memberikan contoh baik
38.
Sistem ekonomi yang diterapkan pemerintah pendudukan Jepang
adalah dengan melakukan perubahan dari sistem ekonomi sentralistik ke sistem
ekonomi desentralisasi. Sistem ekonomi desentralisasi atau pada masa pendudukan
dikenal sebagai sistem ekonomi autarki. Kenyataaannya perekonimian tersebut
bertujuan ... .
A. untuk mendukung kepentingan perang Jepang
B.
pemerintah mengatur seluruh kegiatan
perekonomian
C.
kegiatan ekonomi diawasi ketat pemerintah
D. perekonomian
dikembangkan di setiap Gunseikan
E.
perekonomian dikendalikan oleh pihak swasta
pribumi.
39. Dijatuhkannya bom atom di kota Hirosima tanggal 6 Agustus 1945 membuat Jepang semakin tidak dapat mempertahankan diri dari serangan Sekutu. Oleh karena itu tiga tokoh nasional Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta dan dr. Radjiman Wedyodiningrat dipanggil menghadap Panglima Tertinggi Angkatan Perang Jepang Asia Tenggara di Saigon, Marsekal Terauci. Pertemuan tiga tokoh nasional dengan Marsekal Terauci tersebut membahas tentang....
A. strategi melanjutkan perang pasifik
B. masalah kemerdekaan Indonesia
C. penanganan para korban bom atom
D. pembentukan negara persemakmuran
E. pembatalan hadiah kemerdekaan
40.
Golongan
pemuda mendengar kabar bahwa Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu tanggal
14 Agustus 1945, melalui radio Domei di Bandung. Para pemuda kemudian mengadakan
rapat di belakang gedung Laboratorium Bakteriologi, yang dipimpin oleh Chaerul Saleh.
Dalam rapat itu menghasilkan dua keputusan, yaitu kemerdekaan bangsa Indonesia
adalah urusan bangsa Indonesia sendiri bukan ditentukan oleh Jepang, dan bangsa
Indonesia bebas menentukan nasibnya sendiri. Oleh sebab itu ....
A. segera memproklamirkan kemerdekaan
tanpa menunggu hadih dari Jepang
B. menunggu datangnya sekutu untuk
menerima hadiah kemerdekaan dari Belanda
C. membentuk badan perjuangan untuk
merebut kekuasaan dari tangan Jepang
D. golongan
pemuda mengecek kebenaran berita tersebut ke pemerintah pendudukan
E.
mendesak
Soekarno-Hatta untuk segera memproklamirkan kemerdekaan
B.
Jelaskan
pertanyaan berikut:
41.
Jelaskan
alasan-alasan VOC bubar!
42.
Jelaskan
mengapa Jepang datang ke Indonesia pada tahun 1942
43.
Jelaskan
secara singkat kesultanan Kesultanan
Ngayogyakarta Hadiningrat!
0 Response to "Kelas 11 Tahun 2022"
Posting Komentar