Kelas 11 Tahun 2022

 

A.  Jawablah soal-soal berikut dengan memilih huruf A, B, C, D, atau E pada lembar jawaban yang telah disediakan


1.        Proses masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia menghasilkan kesenian bernafas Islam yang digunakan sebagai media penyebaran Islam. Kesenian yang bernafaskan Islam tersebut antara lain adalah ... .

A.  tari Saman dan Seudati dari Aceh

B.  tari Jaipong dan Angklung dari Jawa Barat

C.  Jaran Kepang dan tari Remo dari Jawa Timur

D.  tari Pendet dan tari Barong dari Bali

E.   Sendratari dan Ketoprak dari Jawa Tengah

2.        Pada zaman Hindu-Budha seni pahat dan seni patung berkembang pesat. Namun, ketika masuk dan berkembanya Islam di Indonesia, seni patung dan seni pahat tidak berkembang, hal ini disebabkan ...

A.  patung dapat dijadikan obyek pemujaan

B.  patung dan relief tidak diminati seniman Islam

C.  ajaran Islam melarang pembuatan patung

D.  konsumen seni patung mengalami kemunduran

E.   sulit mendapatkan bahan baku patung

3.        Kini telah jelas bahwa pergerakan nasional di Indonesia bukanlah bikinan kaum intelektual dan kaum komunis saja, merupakan reaksi umum dan wajar yang dalam batinnya telah merdeka. Revolusi industri adalah jamannya sekarang, bukan revolusinya kelompok kecil kaum intelektual, tetapi revolusinya rakyat dunia yang terbelakang dan diperbodoh”. Teks tersebut adalah sebagian isi pidato pembelaan Soekarno pada sidang peradilan di Bandung yang diberi judul. ...

A.  Indonesia Raya

B.  Jayalah Indonesiaku

C.  Indonesia menuntut

D.  Indonesia Merdeka

E.   Indonesia Menggugat

4.        Masuknya budaya Islam ke Indonesia menimbulkan akulturasi budaya atau percampuran budaya yang masing-masing unsur asli dari kedua kebudayaan tersebut tidak hilang. Berikut pernyataan yang tepat tentang akulturasi budaya Islam dan budaya Indonesia adalah…

A.  hasil- hasil kebudayaan Hindu-Budha direnovasi, disesuaikan dengan ajaran Islam

B.   kebudayaan Hindu Budha digabungkan dengan kebudayaan Islam, sehingga mencerminkan kebudayaan bangsa Indonesia

C.   akulturasi kebudayaan Islam dan kebudayaan Indonesia mengubah pola hidup serta kebudayaan yang telah ada di Indonesia sebelumnya

D.  seluruh kebudayaan Islam selalu diserap oleh masyarakat Indonesia

E.   adanya penyerapan kebudayaan dan percampuran antara kebudayaan Islam dan Budaya Indonesia, sehingga menghasilkan budaya baru

5.        Sepeninggal Sultan Agung kerajaan Mataram mengalami kemunduran. Para penggantinya tidak ada yang sehebat Sultan Agung. Akhirnya kolonial Belanda berhasil melakukan intervensi suksesi kepemimpinan kerajaan Mataram. Berdasarkan perjanjian Giyanti 1755 kerajaan Mataram pecah menjadi dua yaitu ... .

A.  Kesultanan Mataram dan Paku Alaman

B.  Kesultanan Mataram dan Kasunanan Surakarta

C.  Kasunanan Surakarta dan Mangkunegaran

D.  Kesultanan Mataram dan Mangkunegaran

E.   Paku Alaman dan Mangkunegaran

6.        Pada tahun 1671 M, Sultan Ageng Tirtayasa mengangkat putranya dengan gelar Sultan Abdul Kahar. Pada tahun 1674 M, Sultan Abdul Kahar berangkat ke Mekah dan kembali lagi ke Banten 1676 M dengan sebutan Sultan Haji. Ketika Sultan Haji memerintah Banten, beliau menjalin hubungan baik dengan Belanda, tetapi hubungan tersebut dijadikan kesempatan oleh Belanda untuk memasuki Banten. Hal inilah yang menjadi awal kemelut politik di Banten dan berakhir dengan kemunduran Kerajaan Banten. Adapun yang dimaksud dengan kemelut politik tersebut adalah…

A.  konflik di istana antara sultan dengan putra mahkota (Sultan Haji) yang dibantu VOC

B.   Sultan Ageng Tirtayasa dan Sultan Haji mengalami kekalahan dalam melawan VOC

C.   Sultan Ageng Tirtayasa dan VOC bekerja sama dalam mengusir Sultan Haji dari istana

D.  daerah-daerah kekuasaan yang didukung VOC berhasil memisahkan diri dari Banten

E.   pedagang-pedagang VOC dan Portugas berhasil menguasai istana kerajaan Banten

7.        Islam menjadi faktor pemersatu terpenting di antara berbagai suku bangsa dan mengatasi perbedaan di berbagai suku bangsa di Indonesia. Faktor pemersatu yang kedua adalah bahasa Melayu yang diadopsi oleh para penyebar Islam, ulama dan pedagang. Kedudukan bahasa Melayu menjadi lingua franca (bahasa pengatar) Islam di nusantara bertambah kuat ketika ....

A.  Al Qur’an diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu

B.  bahasa Melayu memudahkan memahami Al Qur’an

C.  bahasa Arab didampingi oleh bahasa Melayu

D.  bahasa Melayu ditulis dengan aksara Arab

E.   menggunakan bahasa Melayu dan bahasa Arab

8.        Perkembangan seni rupa pada zaman Islam menunjukkan adanya proses akulturasi (perpaduan) dengan seni rupa dengan zaman pra-Islam. Hal ini tampak pada ...

A.  teknik pewarnaan yang didominasi warna hijau

B.   ukiran huruf Arab pada bangunan masjid

C.   pematungan beberapa hewan dan tumbuhan

D.  lukisan para wali dan tokoh-tokoh Islam

E.   pembuatan kaligrafi yang mirif makluk hidup

9.        Perhatikan data dari tabel berikut ini!

X

Y

1.    menarik pajak berupa hasil bumi (contingenten)

1. mengadakan perjanjian dengan raja-raja setempat

2.    menghindari persaingan antar sesama pengusaha Belanda

2. menebangi pohon rempah-rempah untuk menstabilkan harga rempah-rempah

3.    adanya persaingan dengan bangsa lain yaitu Perancis dan Inggris

3. membantu pemerintah Belanda yang sedang berperang menghadapi  Spanyol

4.    mencetak dan mengedarkan mata uang sendiri

4. menyatakan perang dan mengadakan perdamaian

Dari data di atas, yang merupakan tujuan dibentuknya VOC terdapat pada kombinasi….

A.  X1 dan Y2

B.   X2 dan Y3

C.   X1 dan Y3

D.  X2 dan Y1

E.   X4 dan Y4

10.     Perhatikan keterangan berikut ini !

(1) karya sastra berisi cerita atau dongeng

(2) banyak ditulis berbagai cerita yang menarik, keajaiban, dan tidak masuk akal

(3) ditulis dalam bentuk gancaran (karangan bebas atau prosa)

Berdasarkan keterangan tersebut jenis sastra pengaruh Islam yang dimaksud adalah..

A.  Hikayat

B.  Syair

C.  Mitos

D.  Babat

E.   Suluk

11.     Paham liberalisme merupakan paham yang menghendaki adanya kebebasan individu, sebagai titik tolak dan sekaligus tolok ukur dalam interaksi sosial. Dalam konteks paham ini, memandang masalah agama sebagai ...

A.  masalah negara yang harus diselesaikan bersama

B.  suatu keharusan yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara

C.  permasalahan komplek antara pemerintah dan warga negara

D.  kewajiban setiap warga negara untuk mempertahankannya

E.   merupakan masalah pribadi yang merupakan hak setiap individu

12.     Peran bahasa Melayu sangat penting terhadap proses integrasi karena nusantara yang terdiri atas gugusan pulau-pulau dan banyak suku bangsa, sehingga dalam melakukan aktifitasnya mereka harus berhubungan dengan suku lain. Dalam hal ini perkembangan bahasa Melayu adalah ....

A.  digunakan oleh golongan masyarakat tertentu

B.  menjadi pengantar dalam aktifitas politik

C.  berkembang di tempat-tempat tertentu

D.  digunakan para pedagang sebagai bahasa pengantar

E.   digunakan oleh golongan bangsawan

13.     Imperialisme kuno yang dimotori oleh Portugis dan Spanyol berlangsung sebelum terjadinya industrialisasi di negara-negara Eropa barat. Imperialisme yang muncul sebagai akibat dari terputusnya hubungan dagang antara Eropa dan Timur Tengah ini didasarkan pada semboyan gold, glory dan gospel yaitu ... .

A.  mencari kekayaan, kejayaan dan penyebaran agama

B.   berani datang, melakukan perang  dan mencari kemenangan

C.   mencari bahan mentah, menanam investasi dan daerah pemasaran

D.  melaksanakan monopoli, melakukan perjanjian dan menaklukkan

E.   penguasaan di bidang ekonomi, politik, dan kepercayaan (religi)

14.     Sisi negatif pemerintahan Daendels adalah membiarkan terus praktek perbudakan serta hubungan dengan raja-raja di Jawa yang buruk, sehingga menimbulkan perlawanan. Akibatnya pada tahun 1811 Daendels ditarik ke Eropa. Meskipun begitu, salah satu hasil kebijakan Daendels yang kemudian bermanfaat bagi Indonesia sampai sekarang  adalah….

A.  dibangunnya jalan raya Anyer - Panarukan

B.   pembangunan Benteng di kalijati Bandung

C.   dibangunnya kantor-kantor pengadilan di Indonesia

D.  membagi pulau Jawa menjadi beberapa wilayah

E.   banyak karya sastra berkembang di  Indonesia

15.     Sir Thomas Stamford Raffles menguasai pulau Jawa pada tahun 1811 atas perintah pimpinan Inggris di India, Lord Muito. Semula Raffles berkedudukan di Penang (Malaya) kemudian menguasai  pulau Jawa berdasarkan kapitulasi Tuntang. Ia seorang  liberal dan humanis serta tertarik mengembangkan ilmu pengetahuan. Banyak jasa di bidang ilmu pengetahuan yang diberikan seorang berpangkat Letnan Gubernur tersebut antara lain ...

A.  memboyong prasasti Airlangga berangka tahun 1042 ke museum Calcutta di India

B.   menemukan bunga Bangkai raksasa yang dikenal dengan bunga Rafflesia Arnoldi

C.   mengarang buku berjudul Max Havelaar yang melukiskan penderitaan rakyat

D.  menyusun sejarah Jawa berjudul “Histori of Jawa“ yang terbit tahun 1817

E.   membuat artikel kritikan kepada pemerintah kolonial “als ik eens Nederlander was

16.     Untuk menyelamatkan pemerintah Belanda dari kebangkrutan, maka Van den Bosch mengusulkan suatu kebijakan yang disebut culuurstelsel, rakyat Indonesia menyebutnya sebagai sistem tanam paksa. Perhatikan beberapa pokok aturan tanam paksa dan pelaksanaannya di bawah ini:

Aturan-aturan  Sistem Tanam Paksa

Pelaksanaan Tanam Paksa

1. rakyat diwajibkan menyediakan 1/5 tanahnya untuk ditanami tanaman wajib

1. tanah yang digunakan untuk tanaman wajib lebih dari 1/5

2. lahan yang disediakan untuk tanaman wajib dibebaskan dari pajak tanah

2. lahan yang disediakan untuk tanaman wajib tetap dikenai pajak tanah

3. kegagalan panen tanaman wajib menjadi tanggung jawab pemerintah

3. kegagalan panen tanaman wajib menjadi tanggung jawab rakyat/petani

4. kelebihan hasil panen tanaman wajib akan dikembalikan kepada rakyat/petani

4. kelebihan hasil panen tanaman wajib diambil oleh pemerintah Belanda

Dari table di atas, dapat disimpulkan bahwa….

A.  pelaksanaan sistem tanam paksa bertolak belakang dengan aturan-aturannya

B.   aturan-aturan sistem tanam paksa sangat memberatkan rakyat

C.   pelaksanaan sistem  tanam paksa meringankan rakyat

D.  aturan dan pelaksanaan sistem tanam paksa sangat sesuai

E.   pelaksanaan sistem tanam paksa meningkatkan kesejahteraan rakyat

17.     Politik ekonomi eksploitasi yang diterapkan melalui tanam paksa menimbulkan berbagai reaksi antara lain dari golongan pengusaha swasta Belanda. Mereka memprotes melalui sidang di parlemen Belanda, dan menghendaki adanya kebebasan berusaha di Indonesia.. Dengan kemenangan golongan liberal di parlemen Belanda sehingga wilayah Hindia Belanda diberlakukan sistem ekonomi liberal. Kebijakan yang dikenal Politik Pintu Terbuka (open door policy) ini memberi kesempatan kepada pihak penguasa swasta asing untuk…

A.  mengeksploitasi sumber daya alam Indonesia

B.   membentuk pemerintahan baru di  Indonesia

C.   mendirikan bank-bank di Indonesia

D.  menanamkan modalnya di Indonesia

E.   melakukan kerja sama dengan raja setempat

18.     Perubahan politik ekonomi dari tanam paksa ke politik pintu terbuka (Opendeur Politiek) tidak berpengaruh terhadap perubahan nasib bagi rakyat Indonesia. Pada saat itu rakyat Indonesia hanya sebagai sapi perah untuk kepentingan bangsa asing yaitu ...

A.  menanam tanaman eksport sendiri

B.  hanya sebagai kuli perkebunan

C.  tidak bisa menjual hasil tanaman

D.  berpatner dengan penguasa asing

E.   tidak mampu bersaing dengan asing

19.     Pada masa liberal di daerah-daerah  pegunungan di Jawa banyak dibuka perkebunan-perkebunan dan dibangun pabrik-pabrik pengolahan hasil perkebunan. Hal ini menarik perhatian bagi masyarakat pribumi yang membutuhkan pekerjaan. Banyak orang pribumi meninggalkan lahan pertaniannya dan mengadu nasib di daerah perkebunan. Perpindahan penduduk ke sentra-sentra perkebunan tersebut ternyata tidak membawa perubahan nasib yang lebih baik, hal ini disebabkan...

A.  tidak memiliki keterampilan tentang pekerjaan pekerbunan

B.   mereka tidak fokus bekerja di sentra-sentra perkebunan

C.   banyak yang terjerat menjadi kuli kontrak dan buruh upahan

D.  bangsa pribumi tetap menjadi warga negara kelas terbawah

E.   banyak manajemen perusahaan yang tidak konsisten

20.     VOC berkuasa dan melaksanakan monopoli perdagangan di Indonesia selama dua abad yaitu dari tahun 1602 hingga tanggal 31 Desember 1799. Dengan hak oktroinya, VOC menjadi kongsi dagang yang sangat kuat dan mampu bersaing dengan pedagang-pedagang asing lainnya maupun pedagang nusantara. Kehebatan VOC ini ternyata pada akhir abad 18 menjadi pudar. VOC mengalami kerugian besar yaitu dengan hutang 136,7 juta gulden. Banyak faktor yang menyebabkan VOC mengalami kemunduran yang pada akhirnya dibubarkan. Faktor politis yang sekaligus faktor utama kongsi dagang Belanda tersebut dibubarkan yaitu ....

A.  banyak beaya peperangan contoh perang melawan Hasanuddin dari Gowa

B.   besarnya gaji yang harus dibayarkan kepada pegawai yang banyak

C.   pembayaran Devident (keuntungan) bagi pemegang saham

D.  perubahan pemerintahan di Belanda yang demokratis dan liberalis

E.   banyaknya pegawai-pegawai yang tidak berkualitas (korupsi)

21.     Pada masa penjajahan Belanda, Pemerintah Kolonial memberlakukan stratifikasi dalam masyarakat bahkan menuangkannya dalam perundangan-undangan Belanda (Indische Staatsregelling) pada tahun 1927. Urutan stratifikasi sosial masa Belanda berdasarkan Indische Staatsregelling dari yang tertinggi hingga terendah yaitu…

A.  Eropa, Timur Asing, Bumiputra

B.   Timur Asing, Eropa, Bumiputra

C.   Bumiputra, Eropa, Timur Asing

D.  Eropa, Bumiptra, Timur Asing

E.   Timur Asing, Bumiputra, Eropa

22.     Pelaksanan politik etis ternyata lebih berorientasi untuk kepentingan kaum imperialis dibandingkan dengan kepentingan rakyat jajahan. Pada saat itu kehidupan rakyat Indonesia tetap dalam kondisi melarat dan menderita, serta menjadi sapi perah bagi kepentingan kaum kapitalis. Banyak orang Jawa yang dipindahkan ke Lampung, ke Deli Sumatra Barat, sebagai realisasi dari program imigrasi, ternyata mereka dijadikan sebagai kuli kontrak yang diperkerjakan di daerah-daerah perkebunan. Demikian pula pelaksanaan di bidang irigasi tidak membawa perubahan yang lebih baik bagi kaum pribumi, hal ini disebabkan ...

A.  pemerintah Hindia Belanda tidak membangun saluran irigasi

B.   pemerintah Hindia Belanda tidak melaksanakan politik etis

C.   saluran irigasi hanya untuk sebagian besar sawah rakyat

D.  saluran irigasi untuk kepentingan pengairan di perkebunan

E.   tidak mempunyai dana untuk membangun saluran irigasi

23.     Kebijakan Politik Etis pemerintah kolonial Belanda memungkinkan sebagian bangsa Indonesia mendapatkan pendidikan dan tumbuhlah golongan terpelajar yang kemudian mengubah taktik perjuangan memperoleh kemerdekaan, yaitu . . . .

A.  dengan membentuk organisasi bersifat modern

B.  memasukan Indonesia sebagai anggota PBB

C.  membentuk angkatan perang bersenjata lengkap

D.  bergabung dengan blok ideologi tertentu yang ada di dunia

E.   membentuk persekutuan militer dengan negara lain

24.     Penerapan politik etis dalam bidang pendidikan juga dilakukan dengan cara memberikan kesempatan pendidikan bagi penduduk bumi putera. Walaupun demikian tujuan pemerintah kolonial Belanda dalam memberikan ksempatan pendidikan bagi kaum pribumi adalah untuk ....

A.  memajukan kehidupan rakyat Indonesia

B.   meningkatkan kesejahteraan penduduk

C.   menyediakan tenaga administrasi rendahan

D.  menyebarkan semangat Europeanisasi

E.   membentuk tenaga-tenaga ahli dan profesional

25.     Lahirnya pergerakan nasional Indonesia dipengaruhi oleh peristiwa di Indonesia dan peristiwa di luar Indonesia. Peristiwa di dalam negeri disebut factor intern sedang peristiwa di luar Indonesia disebut factor ekstern. Faktor intern yang membantu bertambah suburnya paham kebangsaan Indonesia, adalah ....

A.  munculnya golongan cendikiawan

B.   berkembangnya liberalisme pemerintah Belanda

C.   lahirnya pergerakan nasional India

D.  kemenangan Jepang dalam perang dengan Rusia 1905

E.   makin membaiknya taraf hidup rakyat pribumi.

26.     Perhatikan data tentang penyebab bangkitnya nasionalisme berikut ini!

(1)   Kenangan kejayaan pada masa lalu

(2)   Penderitaan akibat penjajahan bangsa barat

(3)   Kemenangan Jepang atas Rusia tahun 1905

(4)   Berkembangnya faham-faham baru

(5)   Lahirnya golongan terpelajar

(6)   Bangkitnya nasionalisme bangsa-bangsa Asia dan Afrika

Dari data di atas, yang termasuk faktor intern penyebab munculnya nasionalisme di Indonesia adalah….

A.  (1) , (2) , dan (3)

B.   (1) , (2) , dan (5)

C.   (2) , (4) , dan 6)

D.  (3) , (4) , dan (5)

E.   (4) , (5) , dan 6)

27.     Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini,

(1)   bersifat lokal kedaerahan

(2)   dipimpin oleh tokoh-tokoh kharismatik

(3)   mempunyai kesadaran untuk bersatu

(4)   menggunakan organisasi yang teratur

(5)   dipelopori oleh kaum terpelajar

Dari pernyataan tersebut di atas yang merupakan ciri-ciri perjuangan bangsa Indonesia dalam menentang penjajahan sesudah 1908, adalah .....

A.  (1), (2), (3)

B.   (1), (3), (4)

C.   (1), (2), (4)

D.  (2), (3), (4)

E.   (3), (4), (5)

28.     Memasuki abad XX bangsa Indonesia memasuki periode baru, yaitu periode pergerakan nasional. Salah satu ciri pergerakan nasional yang berkembang pada masa ini adalah….

A.  organisasi masih bersifat tradisional dan kedaerahan

B.  para penggerak pergerakan berasal dari golongan priyayi

C.  perjuangan dilakukan dengan mengandalkan kekuatan fisik

D.  perjuangan dilakukan dengan cara berdiplomasi ke negara lain

E.   pemimpin dan penggerak organisasi berasal dari golongan terpelajar

29.     Dr. Wahidin Sudirohusodo, seorang bangsawan Jawa merasa prihatin terhadap kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan bangsanya. Ia bercita-cita mendirikan studi fund untuk membiayai pendidikan para pemuda yang memiliki kecerdasan yang tidak didukung beaya yang memadai. Pada tahun 1906 dan 1907 Wahidin melakukan perjalanan keliling pulau Jawa untuk menghimpun dana pendidikan. Usahanya mendapatkan simpati dari banyak kalangan utamanya para siswa STOVIA Jakarta, sehingga tanggal 20 Mei 1908 didirikan suatu perkumpulan yang dinamakan Budi Utomo. Lahirnya organisasi pergerakan nasional yang pertama tersebut oleh pemerintah Republik Indonesia ditetapkan sebagai hari

A.  Pergerakan Nasional

B.  Kebangkitan Nasional

C.  Pendidikan Nasional

D.  Perjuangan Nasional

E.   Pemuda Nasional

30.     Budi Utomo merupakan organisasi pertama pada masa pergerakan nasional. Organisasi ini berperan penting dalam membangkitkan nasionalisme bangsa Indonesia. Salah satu cara menghormati peran Budi Utomo pada masa kini adalah….

A.  menghafal nama-nama pengurus Budi Utomo

B.  menetapkan seluruh pengurus Budi Utomo sebagai pahlawan nasional Indonesia

C.  menetapkan tanggal berdirinya Budi Utomo sebagai hari kebangkitan nasional Indonesia

D.  memberikan apresiasi kepada priyayi Jawa yang telah berjasa mendirikan Budi Utomo

E.   menetapkan bekas kampus STOVIA sebagai pusat munculnya ide kebangkitan nasional Indonesia

31.     SDI merupakan organisasi ekonomi yang berdasarkan pada agama Islam dan perekonomian rakyat sebagai dasar penggeraknya. Di bawah pimpinan H. Samanhudi, perkumpulan ini berkembang pesat hingga menjadi perkumpulan yang berpengaruh. Organisasi yang didirikan oleh H Samanhudi tersebut dilatarbelakangi …

A.  pemerintah Belanda melarang pribumi untuk import bahan baku batik

B.  pedagang China memonopoli dan mempermainkan harga bahan baku batik

C.  larangan untuk mengadakan aktifitas perdagangan bagi bangsa pribumi

D.  melanjutkan cita-cita perjuangan yang dilakukan oleh Indische Partij

E.   untuk mempererat tali persaudaraan sesama pedagang batik

32.     Memasuki abad ke-20 perjuangan bangsa Indonesia mengalami perubahan dengan munculnya berbagai organisasi pergerakan nasional. Setiap organisasi pergerakan menempuh strategi perjuangan masing-masing. Perhatikan data-data mengenai organisasi-organisasi pergerakan nasional berikut:

No

Nama Organisasi

Tahun

Pemimpin

1

Sarekat Islam

1912

HOS Tjokroaminoto

2

Indische Partij

1912

3 Serangkai

3

PNI

1927

Ir. Soekarno

4

Parindra

1935

Soetomo

5

Partindo

1931

Sartono

Dari data di atas, organisasi pergerakan nasional yang bersifat radikal terhadap kekuasaan Belanda di Indonesia adalah….

A.  (1) , (2)  dan (3)

B.   (1) , (3)  dan (5)

C.   (2) , (3)  dan (5)

D.  (3) , (4)  dan (5)

E.   (1) , (4)  dan (5)

33.     Kaum wanita memiliki  andil besar dalam dunia pergerakan nasional. Tokoh wanita seperti Kartini, Dewi Sartika, Maria Walanda Maramis memiliki peran yang menonjol dalam…

A.  mengangkat derajat wanita melalui pendidikan

B.   menghapus poligami dilingkungan keraton

C.   mengenalkan budaya barat dimasyarakat

D.  menghapus kawin paksa dan kawin adat

E.   memotivasi sikap kritis wanita terhadap dominasi pria

34.     Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini,

(1)   diikrarkannya Sumpah Pemuda

(2)   dinyanyikannya Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

(3)   dikibarkannya bendera kebangsaan Sang Merah Putih

(4)   dibacakannya tuntutan Indonesia Merdeka

(5)   dibentuknya fusi baru organisasi pemuda yang bernama Pemuda Indonesia

Dari pernyataan-pernyataan di atas, hal-hal penting yang merupakan tonggak-tonggak sejarah baru pada pelaksanaan Kongres Pemuda Indonesia II yang diselenggarakan pada tanggal 27 – 28 Oktober 1928, adalah ...

A.  (1), (2), (3)

B.   (1), (3), (4)

C.   (1), (2), (4)

D.  (2), (3), (4)

E.   (3), (4), (5)

35.     Sumpah Pemuda merupakan hasil konngres pemuda II pada tahun 1928. Sumpah Pemuda memiliki makna yang luar biasa bagi bangsa Indonesia. Adapun makna Sumpah Pemuda bagi pemuda pada saat ini adalah ... .

A.  merupakan pendobrak lahirnya rasa persatuan dan kesatuan bangsa

B.  sumpah pemuda merupakan sejarah awal lahirnya persatuan bangsa

C.  merupakan tonggak sejarah yang malahirkan semangat nasionalisme

D.  berloma-lomba untuk meningkatkan kesadaran berbuat yang lebih baik

E.   menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa Indonesia

36.     Perhatikan tabel berikut!

Organisasi

Periode

Budi Utomo

1908-1935

Sarekat Islam

1912-1923

Indische Partij

1912-1913

Perhimpunan Indonesia

1925-1927

Partai Nasional Indonesia

1927-1931

Berdasarkan data di atas, kesimpulan yang bisa diambil tentang organisasi Budi Utomo adalah….

A.    organisasi politik pertama di Indonesia

B.     organisasi dengan tujuan sosial  dan budaya

C.     fusi organisasi politik di Indonesia

D.    organisasi yang berusia paling lama

E.     organisasi yang didirikan oleh kaum pelajar

37.     Perguruan Taman Siswa didirikan Ki Hajar Dewantara di Yogyakarta pada 3 Juli 1922. Perguruan ini menggunakan azas yang menerapkan pendidikan sistem among  yaitu Ing ngarso sung tuladha, Ing madyo mangun karso, Tut wuri handayani. Berdasarkan konsep tersebut, seorang pemimpin dikatakan ing ngarso sung tuladhaapabila...

A.  berada di belakang diharapkan dapat memberikan contoh baik

B.   mencari  ”kebahagiaan diri, bangsa, dan kemanusiaan.”

C.   berada di tengah diharapkan dapat membangkitkan pikiran

D.  berada di belakang, memberi kesempatan untuk berjalan sendiri. 

E.   berada di depan  diharapkan dapat memberikan contoh baik

38.     Sistem ekonomi yang diterapkan pemerintah pendudukan Jepang adalah dengan melakukan perubahan dari sistem ekonomi sentralistik ke sistem ekonomi desentralisasi. Sistem ekonomi desentralisasi atau pada masa pendudukan dikenal sebagai sistem ekonomi autarki. Kenyataaannya perekonimian tersebut bertujuan ... .

A.  untuk mendukung kepentingan perang Jepang

B.   pemerintah mengatur seluruh kegiatan perekonomian

C.   kegiatan ekonomi diawasi ketat pemerintah

D.  perekonomian dikembangkan di setiap Gunseikan

E.   perekonomian dikendalikan oleh pihak swasta pribumi.

39.     Dijatuhkannya bom atom di kota Hirosima tanggal 6 Agustus 1945 membuat Jepang semakin tidak dapat mempertahankan diri dari serangan Sekutu. Oleh karena itu tiga tokoh nasional Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta dan dr. Radjiman Wedyodiningrat dipanggil menghadap Panglima Tertinggi Angkatan Perang Jepang Asia Tenggara di Saigon, Marsekal Terauci. Pertemuan tiga tokoh nasional dengan Marsekal Terauci tersebut membahas tentang....

        A.  strategi melanjutkan perang pasifik

        B.  masalah kemerdekaan Indonesia

        C.  penanganan para korban bom atom

        D.  pembentukan negara persemakmuran

        E.   pembatalan hadiah kemerdekaan

40.     Golongan pemuda mendengar kabar bahwa Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu tanggal 14 Agustus 1945, melalui radio Domei di Bandung. Para pemuda kemudian mengadakan rapat di belakang gedung Laboratorium Bakteriologi, yang dipimpin oleh Chaerul Saleh. Dalam rapat itu menghasilkan dua keputusan, yaitu kemerdekaan bangsa Indonesia adalah urusan bangsa Indonesia sendiri bukan ditentukan oleh Jepang, dan bangsa Indonesia bebas menentukan nasibnya sendiri. Oleh sebab itu ....

A.  segera memproklamirkan kemerdekaan tanpa menunggu hadih dari Jepang

B.  menunggu datangnya sekutu untuk menerima hadiah kemerdekaan dari Belanda

C.  membentuk badan perjuangan untuk merebut kekuasaan dari tangan Jepang

D.  golongan pemuda mengecek kebenaran berita tersebut ke pemerintah pendudukan

E.   mendesak Soekarno-Hatta untuk segera memproklamirkan kemerdekaan


 

B.   Jelaskan pertanyaan berikut:

41.     Jelaskan alasan-alasan VOC bubar!

42.     Jelaskan mengapa Jepang datang ke Indonesia pada tahun 1942

43.     Jelaskan secara singkat kesultanan Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kelas 11 Tahun 2022"

Posting Komentar